Sabtu, 30 Mei 2009

TUGAS MENEJEMEN PEMDA

Tugas Manajemen Pemerintah Daerah
Berhubungan dengan adanya pemilu 2009 ini, pemerintah perlu mengadakan pendataan kepada para penduduk, yang berhak menjadi pemilih tetap dalam pemilu 2009 ini. Namun dalam kenyataannya, seperti pada tahun-tahun sebelumnya banyak terjadi kekurangan atau kelemahan dalam pendataan daftar pemilih dalam pemilu tersebut. Salah satunya yaitu tentang administrasi kependudukan terhadap Daftar Pemilih Tetap saat Pemiu yang tidak sesuai dengan kenyataannya.
Masalah administrasi kependudukan saat pemilu banyak yang tidak sesuai syarat, tetapi masuk sebagai daftar pemilih tetap, pokok permasalahan dan strategi apa yang harus dilakukan, sesuai manajemen dan pelaksanaan administrasi agar administrasi kependudukan menjadi lebih baik.
Pokok Permasalahannya.
1. Kurangnya koordinasi antara masyrakat yang seharusnya tercantum sebagai DPT dengan pihak yang mendatanya.
2. Satu orang biasanya mempunyai KTP ganda yang hanya beda alamat saja , sehingga memungkinkan untuk mendapatakan hak pilih ganda.
3. Strukutur administrasi kependudukan yang kurang baik.
4. Panwaslu yang kurang tegas dalam melakukan tugasnya.
Strategi yang harus dilakukan.
1. Melakukan sensus ulang sebelum pemilu dilaksanakn agar data lebih valid.
2. Melakukan sosialisasi kepada pemilih tetap beberapa hari sebelum Pemilu dilaksanakan, agar tidak terjadi kebingungan dalam memilih.
3. Memperbaiki dan mempertegas peraturan-peraturan dalam pembuatan KTP (Kartu Tanda Penduduk). Dalam hal ini Pendataan KTP dilakukan secara Online oleh kecamatan-kecamatan setempat, sehingga kemungkinan terjadinya KTP ganda sedikit, karena orang yang mempunyai dua KTP memungkinkan seorang tersebut mempunyai DPT ganda.
4. Menata ulang struktur administrasi kependudukan.
5. Panwaslu dalam Pemilu hendaknya orang-orang yang professional dalam bekerja. Dan mengerahkan TNI atau POLRI untuk mengawasi jalannya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar