Sabtu, 30 Mei 2009

KISI-KISI ASAS MANAGEMENT

1. Pengambinglan keputusan merupakan pekerjaan manajer yang sangat penting sehingga ia harus dapat meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan dan pemecahan masalah untuk mendukung pengambilan keputusan.

2. 2 pola pengambilan keputusan yaitu, Keputusan terprogram = keputusan yang terstruktur yang muncul berulang-ulang sehingga organisasi biasanya mempunyai aturan kebijakan dan prosedur yang dipakai untuk memberikan arahan bagaimana keputusan itu dibuat.

Keputusan tak terprogram = keputusan yang tidak terstruktur / jarang muncul biasanya diambil oleh karena masalah luar biasa.

3. Motivasi adalah sesuatu yang mendorong seseorang bertindak atau berperilaku tertentu, memahami motivasi penting bagi manajer karena manager adalah seseorang yang mencapai tujuan organisasi dengan menggerakkan orang lain.

4. Penentuan prestasi seseorang yaitu Ability = kecakapan atau kemampuan seseorang. Persepsi peran. Motivasi = semangat yang mendorong seseorang untuk bertindak/berperilaku tertentu.

5. Pendekatan motivasi yaitu pendekatan yang terdiri dari = pendekatan tradisional, pendekatan hubungan manusiawi, pendekatan human resources management

6. 2 teori motivasi, yaitu Prescriptive theory yaitu teori petunjuk yang mengemukakan bagaimana memotivasi para karyawan yang didasarkan pada pengalaman coba-coba. Content theory/teori kebutuhan yaitu teori yang tefokus pada pertanyaan penyebab-penyebab perilaku atau factor yang menyebabkan seseorang berperilaku tertentu dan apa kebutuhan yang ingin dipenuhinya dari perilaku tsb.

7. Pengembangan organisasi adalah usaha jangka panjang untuk mempernbaiki proses-proses pemecahan masalah dan pembaharuan organisasi. Penting karena membantu dalam pemecahan masalah dan proses pembaharuan.

8. Faktor penentu terjadinya perubahan dalam organisasi adalah Factor internal antara lain tujuan, strategi, kebijakan manajemen, teknologi baru, sikap dan perilaku, dan Factor eksternal antara lain system poltik, system ekonomi, teknologi.

9. Model perubahan menurut Kurt Lewin = Model Force Field yaitu merupakan hasil keseimbangan dua hal yang mendorong perubahan dan kekuatan yang melawan/menahan atau menolak perubahan.

10. Faktor penolakan = ketidakpastian tentang akibat dan pengaruh perubahan, persepsi yg berbeda terhadap situasi, perubahan suasana kerja, kepentingan diri sendiri.

11. Mengatasi penolakan menurut Kotter & Schlessinger = Pendidikan dan komunikasi, partisipasi dan keterlibatan, kemudahan dan dukungan, negosiasi dan persetujuan, manipulasi dan bekerja bersama.

12. Tahap perubahan menurut Kurt Lewin yaitu Tahap unfreezing = pemberian kesadaran terhadap mereka yg potensi terkena dampak perubahan akan arti pentingnya perubahan. Tahap Change = identifikasi dan internalisasi sikap dan perilaku baru. Tahap refreezing = menjadikan nilai, sikap dan perilaku yang baru menjadi norma baru yang dilembagakan.

13. Asumsi pengembangan organisasi = Aspek Individual:karyawan mempunyai kebutuhan untuk tumbuh dan berkembang. Aspek kelompok: karyawan mempunyai kebutuhan untk dapat diterima oleh lainnya dalam organisasi. Aspek organisasi: disain organisasi akan mmpengruhi perilaku individu dan kelompok.

14. Faktor pendukung keberhasilan pengembangan organisasi:keterlibatan pemimpin kelompok kerja, mengakui kekuatan manager yg berhasil, penggunaan konsultan atau ahli perilaku dari luar,melibatakan departemen sumber daya manusia, pengakuan oleh manejemen puncak bahwa organisasi mempunyai masalah.

15. Komunikasi adalah proses pengiriman informasi dari satu pihak kepihak lain yang melibatkan simbol-simbol dalam penyampaian informasi, fungsi informasi=meberikan informasi bagi perorangan atau kelompok untuk membuat keputusan dengan mengidentifikasikan pilihan. Komunikas dikatakn efektif bila pesan yang disampaikan oleh pengirim dapat sampai kepada si penerima sesuai maksud si pengirim.

16. Buruknya komunikasi merupakan salah satu sumber konflik organisasi karena komuniasi yang kurang baik dapat mengakibatkan kesalahpahaman arti sehingga koordinasi antar anggota menjadi buruk.

17. 2 metode komunikasi yaitu verbal (lisan dan tertulis) dan non verbal (dg bahasa tubuh, intonais kata, eksprsi wajah, gerakan anggota badan, dsb). Sedagkan hambatannya adalah krakteristik pengirim, karakteristik penerima, hub antara pengirim dan penerima, factor lingkungan.

18. Pedoman pendengar yg baik = stop berbicara, buatlah pembicaraan mjd rileks, hilangkan gangguan, sabar,berminat pd topik,terbuka thd kritik, mengajukan pertanyaan.

19. Kepemimpinan adalah proses mengarahkan dan mempengaruhi tugas orang-orang dalam kelompok. Kepemimpinan penting bagi manejer karena kepemimpinan melibatkan oranglain yaitu bawahan dan juga melibatkan pembagian kekuasaan.

20. Sumber kekuasaan = reward power, coercive power, legitimate power, referent power, expert power.

21. Teori kepemimpinan yg saya ketahui adalah Teori bakat yaitu pemimpin mempunyai karakteristik yang dibawa sejak lahir. Teori perilaku yaitu memfokuskan pada perilaku yang dimiliki oleh pemimpin yang membedakannya dengan yang dipimpin.

22. Gaya kepemimpinan menurut resist linkert : otoriter eksploitatif, benevolent-authoriative, consultative, participative group.

23. Pentingnya pengendalian karena diperlukannya perubahan, kompleksitas untuk mengawasi pengambilan keputusan, untuk mendeteksi kesalahn sedini mungkin.

24. Model pengawasan pengendalian adalah pengawasan pendahuluan yaitu untuk mendeteksi kemungkinan terjadinya kesalahan dan terbukanya perbaikan.

25. Menejemen mutu penting karena dapat memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus menerus atas produk, jasa, proses, manusia, dan lingkungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar